Laman

--------------------------------- Memotret kehidupan dalam suatu rangkaian bahasa dan frasa 8.) ---------------------------------

24 Oktober 2011

Pemeriksaan Golongan Darah Rhesus

Rhesus
Jenis penggolongan darah lain yang cukup dikenal adalah dengan memanfaatkan faktor Rhesus atau faktor Rh. Nama ini diperoleh dari monyet jenis Rhesus yang diketahui memiliki faktor ini pada tahun 1940 oleh Karl Landsteiner.
1. Orang Rh-positif (Rh+), berarti darahnya memiliki antigen-Rh yang ditunjukkan dengan reaksi positif atau terjadi penggumpalan eritrosit pada waktu dilakukan tes dengan anti-Rh (antibodi Rh).
2. Orang Rh-negatif (Rh-), berarti darahnya tidak memiliki antigen-Rh yang ditunjukkan dengan reaksi negatif atau tidak terjadi penggumpalan saat dilakukan tes dengan anti-Rh (antibodi Rh).

Kecocokan faktor Rhesus amat penting karena ketidakcocokan golongan. Misalnya donor dengan Rh+ sedangkan resipiennya Rh- dapat menyebabkan produksi antibodi terhadap antigen Rh (D) yang mengakibatkan hemolisis. Hal ini terutama terjadi pada perempuan yang pada atau di bawah usia melahirkan karena faktor Rh dapat memengaruhi janin pada saat kehamilan.

Permintaan darah harus diberikan darah yang cocok bagi orang sakit. Yang dimaksud dengan cocok adalah yang sama golongan ABO-nya. Tetapi kadang-kadang walaupun sudah sama golongan ABO-nya, masih terdapat ketidakcocokan, yang disebabkan oleh golongan darah lain, yaitu golongan Rhesus.


Misalnya: Orang sakit yang mempunyai golongan A Rhesus negatif harus dicarikan golongan A Rhesus negatif lagi. Mendapatkan darah yang cocok untuk golongan A-nya saja, dapat dicari diantara kita, karena golongan darah ini mempunyai frekuensi yang cukup besar diantara orang Indonesia. Apabila yang dicari adalah golongan A Rhesus negatif, inilah yang sulit dicari, karena hampir semua orang Indonesia mempunyai golongan Rhesus positif. Menurut kepustakaan hampir 100% orang Indonesia adalah Rhesus positif. Tetapi pada orang-orang di negara Eropa dan Amerika, rhesus negatif banyak ditemui.

Cara seseorang mendapatkan immunisasi antigen golongan darah adalah:
1. Transfusi darah
Seseorang yang mempunyai golongan Rhesus negatif ditransfusi dengan golongan Rhesus positif, pada orang itu dapat berbentuk zat anti atau antibody, yaitu anti-D.
Kasus ini misalnya pada seorang perempuan Rh- yang kerena sesuatu hal harus ditolong dengan transfusi darah. Darah donor kebetulan Rh+, berarti mengandung antigen-Rh. Antigen- Rh ini akan dipandang sebagai protein asing sehingga perempuan itu akan distimulir membentuk anti-Rh. Serum darah perempuan yang semula bersih dari anti-Rh akan mengandung anti-Rh. Anti-Rh akan terus bertambah jika transfusi dilakukan lebih dari sekali. Anti-Rh akan membuat darah yang mengandung antigen-Rh menjadi menggumpal sehingga perempuan Rh- tersebut tidak bisa menerima darah dari orang Rh+. Orang Rh- harus selalu ditransfusi dengan darah Rh-. Seseorang yang akan melakukan transfusi sebaiknya selain memeriksa golongan darah dengan sistem ABO juga harus memeriksakan faktor Rhnya.
2. Kehamilan
Wanita yang mempunyai golongan Rhesus negatif, menikah dengan laki-laki yang mempunyai golongan Rhesus positif, kemudian hamil bayi golongan Rhesus positif, pada wanita tersebut dapat berbentuk zat anti atau antibody, yaitu anti-D.
Kasus ini bisa terjadi misalnya seorang perempuan Rh- (genotip rr) menikah dengan laki-laki Rh+ (bergenotip homozigotik RR) dan perempuan tersebut hamil. Janin dari pasangan ini tentunya akan bergolongan darah Rh+ (genotip Rr) yang diwarisi dari ayahnya. Sebagian kecil darah janin yang mengandung antigen-Rh tersebut akan menembus plasenta dan masuk kedalam tubuh ibunya. Serum dan plasma darah ibu distimulir untuk membentuk anti-Rh sehingga darah ibu yang mengalir kembali ke janin mengandung anti-Rh. Anti- Rh ini akan merusak sel darah merah janin yang mengandung antigen- Rh sehingga janin akan mengalami hemolisis eritrosit. Hemolisis eritrosit akan menghasilkan bilirubin indirek yang bersifat tidak larut air tetapi larut lemak dan tentunya akan meningkatkan kadar bilirubin darah janin. Peningkatan ini dapat menyebabkan ikterus patologis yaitu suatu keadaan dimana kadar bilirubin dalam darah mencapai suatu nilai yang mempunyai potensi menimbulkan kern ikterus bila tidak segera ditangani. Kern ikterus merupakan suatu kerusakan otak akibat perlengketan bilirubin indirek pada otak terutama pada korpus striatum, talamus, nukleus sub talamus, hipokampus, nukleus merah dan nukleus pada dasar ventrikulus IV. Bayi yang mengalami kern ikterus biasanya mengalami kuning disekujur tubuhnya.

cara kerja

terjadi aglutinasi pada area Anti-A dan Anti-Rh
(Lestari Amaliani mempunyai golongan darah A dengan rhesus +)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar