Laman

--------------------------------- Memotret kehidupan dalam suatu rangkaian bahasa dan frasa 8.) ---------------------------------

26 Desember 2011

Pemeriksaan Klorida Dalam Serum

Klorida merupakan anion yang banyak terdapat di dalam tubuh dan mempunyai peranan penting dalam tubuh, antara lain:
1. Proses osmolalitas cairan tubuh
    Ion klorida merupakan elektrolit yang banyak terdapat dalam tubuh manusia dan hewan. Dalam tubuh klorida terdapat dalam bentuk terdisosiasi penuh. Ion ini bertanggung jawab terhadap tekanan osmotik cairan tubuh. dapat mempengaruhi kelarutan protein dan komponen lainnya.
2. Proses keseimbangan asam basa
    Pada semua organisme yang hidup, keseimbangan asam basa sangat penting untuk dipertahankan, karena hampir semua reaksi biokimia dalam tubuh tergantung pada fisiologi tubuh dalam mempertahankan konsentrasi ion H+ dan pH. Keseimbangan ini sangat dipelukan untuk optimalisasi fungsi enzim, distribusi elektrolit, fungsi sel termasuk fungsi eritrosit dalam mengangkut oksigen dll. Secara tidak langsung, klorida juga mempertahanan pH cairan tubuh, berkesesuaian dengan bikarbonat.


Peningkatan kadar klorida dalam serum disebut hiperkloremia. Keadaan ini dapat terjadi pada keadaan asidosis metabolik, penderita gagal ginjal, akromegali, dehidrasi, hipertensi, glomerulonefritis, dll.
Sedangkan hipokloremia yaitu penurunan kadar klorida dalam darah dapat terjadi pada keadaan asidosis respiratorik, penyakit Addison's, diuretik, luka bakar, sirosis, dll.

Pemeriksaan kadar klorida ini menggunakan metode titrimetri dengan menggunakan alat kloridometri atau ISE (Ion Selective Electrode). Selain alat-alat tersebut pemeriksaan kadar klorida dapat menggunakan metode spektrofotometri dengan menggunakan sampel serum, urin, dll.

2 komentar:

  1. terimakasih mba lestari infonya, analis gunung batu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba michelle . .iya mba ;D

      Hapus