Laman

--------------------------------- Memotret kehidupan dalam suatu rangkaian bahasa dan frasa 8.) ---------------------------------

15 April 2012

resume SMILE

Bismillah . .

kemarin saya bener-bener dibuat takjub sama hasil ikhtiarnya ade-ade tingkat, seminar yang biasanya dibuat biasa eh kemaren berasa sekelas seminar nasional, dengan pembukaan yang membuat saya merinding-rinding disko, 4 master of ceremony memasuki panggung diiringi musik jazzy mix arabian yang menggema di auditorium, membuka acara dengan menggunakan tetralingual, sunda indonesia arab inggris, salut untuk semua kreatifitasnya de, poko e poolll !!!

SMILE {Studi Mengenal Islam Lebih Efektif}
Ahad, 15 April 2012
08.30-16.00
@Auditorium Direktorat Poltekkes Kemenkes Bandung
Jl.Pajajaran No.56 (depan GOR Pajajaran)

kolaborasi antara 3 pemateri yang yahutt…
1. dr. Tauhid Nur Azhar (Penulis Buku ‘Misteri Laskar Imun, Keajaiban Ciptaan Allah di Tubuh Manusia)
2. Kang Ridwan Ginanjar, Am.KL,M.Bs (Praktisi Kedokteran Nabi/Alumni Poltekkes)
3. Kang Igun Gunawan (Trainer Daarut Tauhid Bandung)

“HIDUP SEHAT ALA RASUL”.
As-Sajdah Ayat : 9
tsumma sawwaahu wanafakha fiihi min ruuhihi waja’ala lakumu alssam’a waal-abshaara waal-af-idata qaliilan maa tasykuruuna.
“Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur. “
Suara hati manusia pada dasarnya bersifat universal, dengan catatan manusia tersebut telah mencapai titik zero dan terbebas dari paradigma dan belenggu.
Allah telah meniupkan ruh ciptaan-Nya yang bersifat mulia kepada manusia, maka sebenarnya Allah telah meniupkan pula keinginan-Nya kedalam hati manusia.
Sesungguhnya untuk menjadi sehat itu ikhtiarnya adalah dengan beribadah yang khusuk dan tumaninah, hal tersebut dapat mengoptimasi fitroh kesehatan.

mohonlah 3 perkara kepada Allah:
ilmu yang bermanfaat
harta yang berlimpah
jasmani yang sehat

pola makan ala rasul:
membaca basmallah
makan ketika lapar berhenti sebelum kenyang
menggunakan tangan kanan
3 jari (jempol telunjuk tengah)
dikunyah 33x (lumat lembut, agar diserap sempurna di usus halus, di bawah lidah terdapat enzim yang dapat membantu penyerapan langsung ke dalam darah)
tidak makan > jam 7 malam
menjilati jarinya setelah selesai (mengandung enzim dan spora yang dapat membantu pencernaan makanan)

3 prinsip thibun nabawi (kedokteran nabi):
Ilahiah
Ilmiah
Alamiah

mengapa thibun nabawi?

a. keimanan

Al-Ahzab Ayat : 36
wamaa kaana limu/minin walaa mu/minatin idzaa qadaa allaahu warasuuluhu amran an yakuuna lahumu alkhiyaratu min amrihim waman ya’shi allaaha warasuulahu faqad dhalla dhalaalan mubiinaan.
“Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mu’min dan tidak (pula) bagi perempuan yang mu’min, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata.”

b. keteladanan
Beliau bangun sebelum subuh untuk Qiymul lail, sehingga asupan awal ke tubuh beliau adalah udara sepertiga malam terakhir. Para pakar kesehatan menyatakan bahwa udara pada waktu ini sangat kaya akan oksigen, sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh, yang berpengaruh terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya sehari penuh. Itulah sebabnya orang yang yang memulai aktivitas dengan bangun subuh, biasanya menjalani hari dengan penuh semangat dan optimis.
Di pagi hari, Beliau menggunakan siwak untuk kesehatan mulut dan giginya. Siwak mengandung fluor alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi. Saat ini, ekstrak siwak dapat kita temui dalam pasta gigi, sehingga mudah untuk kita gunakan.
Rasulullah membuka menu sarapannya dengan segelas air dingin dicampur sesendok madu asli yang luar biasa khasiatnya. Dalam Al-Quran, madu merupakan obat menyeluruh atas berbagai penyakit. Madu juga mengandung mikronutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Masuk waktu dhuha (pagi menjelang siang), Rasulullah senantiasa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa. “Barang siapa makan tujuh butir kurma, maka akan terlindung dari racun”.
Menjelang sore hari, menu Rasulullah adalah cuka dan minyak zaitun yang dikonsumsi dengan makanan pokok seperti roti. Manfaatnya mencegah lemah tulang, mencegah kepikunan, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol, melancarkan perncernaan, dll.
Di malam hari, menu utama makan malam Rasulullah adalah sayur-sayuran. Secara umum, sayuran mengandung zat dan fungsi yang sama, yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindunginya dari serangan penyakit.
Setelah makan, Beliau tidak langsung tidur. Beliau beraktivitas dahulu sehingga makanan yang dikonsumsi masuk ke lambung dengan cepat dan mudah dicerna. “Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan sholat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras” (HR. Abu Nu’aim dari Aisyah r.a)
Beberapa jenis makanan yang disukai Rasulullah tetapi Beliau tidak rutin mengkonsumsinya antara lain : tsarid (campuran roti daging dengan kuah air masak), buah yaqthin (labu air), buah anggur, dan hilbah (susu).
Rasulullah sering menyempatkan diri berolahraga, terkadang sambil bermain dengan anak dan cucunya. Olahraga diakui oleh para pakar kesehatan sangat bermanfaat bagi tubuh.
Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk bergadang. Beliau tidak menyukai berbincang dan makan sesudah waktu isya. Beliau tidur lebih awal supaya bisa bangun lebih pagi. Karena istirahat yang cukup, seperti tidur yang merupakan hak tubuh, dibutuhkan oleh tubuh.
Inti pola konsumsi Rasulullah adalah menghindari berlebihan dalam makan dan minum. Beliau tidak pernah melakukan makan lagi sesudah kenyang. “Dahulu Rasulullah saw tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti”. Penelitian membuktikan bahwa berkumpulnya makanan dalam perut telah melahirkan bermacam penyakit. Untuk itu, sangat penting bagi kita dalam mengkombinasikan makanan dengan baik.

Semoga informasi tentang Pola Hidup Sehat Rasulullah dapat jadi panutan dalam hidup kita sehari-hari.
SMILEEE ...YOUUUU... DON'T CRYYY !!!! =.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar