Laman

--------------------------------- Memotret kehidupan dalam suatu rangkaian bahasa dan frasa 8.) ---------------------------------

20 Agustus 2011

Makanan Sehat, Jerawat Minggat !!!

Ada sebagian remaja suka sebel banget kalo wajahnya ditumbuhin jerawat. Nggak rela jerawat nemplok di wajahnya, main diplototin aja, akhirnya bak gunung-gunung baru aja meletus, wajahnya jadi berlubang-lubang…hih ngeri kan ?

Sebenarnya ada cara jitu, supaya

jerawat nggak bikin kamu stress. Caranya kamu harus mengatur pola makan, apa yang kamu makan sampe bagaimana caranya makan. Berikut ini akan dijentrehkan tips-tipsnya. Ok, selamat tinggal jerawat.

Namanya remaja, biasanya mereka kalo bertandang ke resto atau JJS ke mall, pasti mampirnya ke tempat macam Mc Donald, KFC, Pizza Hut, dll. Ujungnya, mereka bakalan melahap makanan bule macam kentucky, pizza, burger, hot dog atau makanan fastfood lainnya. Itulah trend, demi jaga gengsi, makanan yang sebenarnya masuk kategori junk food (makanan sampah) dibelinya. Dari segi harga kalo mau dibandingin dengan makanan di warteg jelas beda dong. Gimana dari segi kesehatan ? Wah, makanan seperti itu jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan pasti bikin bertumpuknya lemak di kulit kita. Hasilnya ? Jerawat jadi nginap di wajah kita. Berabe khan ?

Sikap hidup konsumtif alias suka nggak tahan pengin ngebeli barang-barang mewah, jelas mengandung sisi negatif. Selain boros, juga nggak baik buat kesehatan kamu. Lagian Islam sendiri ngelarang menghambur-hamburkan dalam membelanjakan harta :
“Dan orang-oran yang membelanjakan harta mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak pula kikir. Dan demikianlah adalah pembelanjaan itu di tengah-tengah antara demikian” (QS. 23 : 67)

Nah, lawannya makanan yang gituan, supaya nggak tumbuh jerawat. Maka kamu musti mengkonsumsi makanan yang sehat, diantaranya kamu harus mengkonsumsi makanan segar, macam sayur atau buah segar.

Sayuran sangat dianjurkan buat remaja, karena di masa remajalah hormon-hormon mulai kenceng tumbuhnya. Kalo nggak diimbangi dengan makanan yang berserat macam sayuran dan buah, maka hormon itu malah menstimulasi munculnya jerawat. Gunanya serat diantaranya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serat juga membantu menurunkan berat badan serta bagus buat para penderita diabetes atau kencing manis.

Serat juga membikin urusan “kebelakang” jadi lancar, akibatnya proses pencernaan makanan jadi lancar, sehingga kulit pun nggak ada gangguan. Kamu musti tahu juga, kalo pencernaan kamu nggak lancar, maka kulitlah nomor satu yang merasakan akibatnya. Terutama jerawat paling suka pada kulit yang nggak sehat.

Selain sayuran ada juga minuman yang alami atau murni sangat dianjurkan buat kamu yang mau kulitnya segar. Kegemaran untuk minum minuman kaleng harang dikurangi, jika ingin kullitnya sehat. Minum air putih kudu jadi kebiasaan kamu, kalo perlu kemana-mana kalo mo berpergian bawa tuh botol yang isinya air putih, jadi supaya kamu bisa tetap menjaga kesehatan kulit kamu.

Pada dasarnya Allah SWT telah menyediakan alam ini beserta segala isinya untuk dimanfaatkan oleh manusia. Segala makanan yang bergizi udah tersedia, dari mulai sayuran sampai buah yang siap untuk dimakan dengan segar. Hanya mungkin lagi-lagi kamu terpengaruh trend yang biasanya disponsorin di teve-teve. Sehingga makan buah pun kudu diolah terlebih dahulu baru dinikmati, misalnya dijuice dulu baru dinikmati. Padahal makan buah yang segar begitu saja akan lebih baik. Apel misalnya, jika kamu pengin makan apel nggak perlu dikupas kulitnya, makanlah beserta kulitnya setelah sebelumnya dicuci. Serat memang tidak mengandung gizi, tapi serat memiliki nilai yang berarti bagi kesehatan tubuh. Apalagi bagi remaja yang banyak aktivitas, kalau kebutuhan serat terpenuhi, maka kesehatan kulitpun terjaga.

Lalu bagaimana dengan pola memakan buah atau sayuran tadi ? Kalo emang kamu nggak bisa menikmati buah atawa sayur 3 kali selama kamu makan. Maka minimal kamu bisa menyediakan dalam 1 hari cukup 1 kali saja.

Atau sesekali jika kamu emang telalu susah menjumpai makanan yang bersayur, maka usahakan kalo kamu makan roti misalnya, selipkan sedikit daun selada. Atau buat kamu yang suka jajan, sebaiknya pilih makanan yang ada sayurnya, misalnya gado-gado.

Well, sekarang kamu boleh mengkonsumsi makanan apa saja, asalkan jangan lupa sayuran atau buah segar tetap harus jadi pilihan utama. Yang namanya jerawat pasti minggat deh. Tapi kalo emang kamu didemenin ama jerawat, nggak usah sewot. Mending ikutin deh tips-tipsnya dari awal tadi. Dan yang lebih penting, kalo emang kamu jerawatan, nggak usah main pelotot aja, supaya biji jerawatnya keluar. Kamu musti sabar, obatin dengan cara alami, dengan makanan yang alami tadi. Kalo pun harus diobati, seperlunya saja. Sebab obat jerawat,biasanya mengandung bahan kimia, yang itu nggak baik buat kulit kamu. Ok, selamat mencoba. 

(A N I)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar