Laman

--------------------------------- Memotret kehidupan dalam suatu rangkaian bahasa dan frasa 8.) ---------------------------------

23 September 2011

Cara Lain Mengatasi Kegemukan


Masalah kegemukan atau obesitas terus menjadi bahan kajian ilmiah.  Tapi,  ada  makanan  tradisonil  yang  mampu  menurunkan  berat  badan  dengan  cepat dan tanpa efek sampingan sampingan. Yaitu, touchi.

Bermula  dari  temuan  seorang  ahli  gizi  yang  meneliti  sejenis  protein  dari  kacang- kacangan. Protein itu telah berhasil diisolasi dan
diberi nama phaseolamin. Protein  ini  diketahui  mampu  mengikat  dan  menghambat  kerja  enzim  amilase  sehingga pemecahan pati (karbohidrat) menjadi komponen yang lebih kecil dapat ditekan.  Temuan   penting   ini   menjadi   perhatian   ahli   gizi,   terutama   dikaitkan   dengan
dampaknya  terhadap  kesehatan  bagi  yang  mengkonsumsinya.  Dalam  Journal  of  Nutrition  (2001)  peneliti  Jepang  tertarik  untuk  mengamati  touchi,  yaitu  makanan  tradisional yang telah dikonsumsi sejak lama oleh masyarakat China. Touchi dibuat  dari   kedelai   yang   difermentasi   dengan   mikro-organisme   Aspergillus   sp.   Dalam  penelitian  tersebut  diketahui  bahwa  touchi  mampu  menghambat  kerja  enzim  glukosidase. Enzim ini bertanggung jawab dalam pemecahan glukosa pada tahap
akhir di usus halus.

Ketika  seseorang  mengkonsumsi  pangan  sumber  karbohidrat  seperti  nasi,  jagung,  umbiumbian, dan sagu, maka proses pencernaannya diawali di mulut. Air liur atau  Saliva   adalah     enzim    pertama      di   mulut    yang    memulai      kerjanya     memecah  karbohidrat.  Enzim  berikutnya  yang  membantu  adalah  amilase  yang  dikeluarkan  oleh kelenjar pankreas.

Hasil  dari  kerja  enzim  ini  terbentuklah  karbohidrat  yang  lebih  sederhana,  yaitu  oligosakarida  dan  disakarida.  Maltosa  dan  sukrosa  (disakarida)  akan  memasuki  saluran    cerna     berikutnya      dan     dipecah      oleh    enzim     glukosidase     menjadi  monosakarida (glukosa dan fruktosa) untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.

Dengan  kemampuannya  menghambat  aktivitas  glukosidae,  maka  ekstrak  touchi  akan  mengurangi  laju  pencernaan  dan  penyerapan  maltosa  dan  sukrosa  di  usus  halus sehingga glukosa darah dan insulin juga tak bakal melonjak tinggi. Mekanisme  kontrol terhadap gula darah sebagaimana ditunjukkan oleh ekstrak touchi ini telah  dibuktikan  pada  hewan  percobaan  maupun  pada  manusia,  dan  menjadi  salah  satu   alternatif   dari   upaya   terapeutik   bagi   orang-orang   dengan   kadar   gula
abnormal.

Kombinasi ekstrak dari kidney beans dan kedelai akan menghasilkan carbohydrate  blocker   yang   lebih     efisien   karena   komponen   ini   melakukan   penghambatan  pemecahan   karbohidrat   pada   dua   fase,   yaitu   fase   pemecahan   polisakarida  menjadi      disakarida     dan     fase    disakarida     menjadi      monosakarida.       Dengan  mengurangi laju pemecahan karbohidrat, maka seseorang akan lebih lama merasa  kenyang dan tidak tergoda untuk makan atau ngemil             alam rentang waktu yang
pendek.

Kemampuan  carbohydrate  blocker  untuk  mencegah  naiknya  kadar  insulin  dapat  berdampak positif bagi kesehatan. Sebagaimana diketahui bahwa deposisi lemak  tubuh lebih mudah terjadi dengan adanya insulin. Insulin sesungguhnya juga akan  mengurangi   kemampuan   tubuh   untuk   memetabolisme   lemak   sehingga   lemak  menjadi kurang tercerna dengan baik.

Istilah carbohydrate blocker mungkin agak membingungkan. Kalau benar sifatnya  memblokir  (blocking),  tubuh  akan  kekurangan  karbohidrat  sebagai  salah  satu  gizi  penting   penghasil  energi.   Namun,   bila  kenyataannya   hanya   menurunkan  laju  pencernaan karbohidrat, hal ini yang mungkin diinginkan bagi orang-orang tertentu  seperti penderita obesitas.

Dalam  uji  coba  laboratorium  diketahui  bahwa  carbohydrate  blocker  ada  yang  mampu   mencegah   pemecahan   kabohidrat   senilai   1.600   kalori.   Dalam   tubuh  manusia   yang   sistem   kerjanya   lebih   kompleks   diperkirakan   karbohidrat   akan  dihambat pemecahannya hanya sebesar 500 kalori.

Sistem pencernaan dalam tubuh manusia melibatkan unsur yang beraneka ragam,  seperti enzim-enzim pemecah karbohidrat, lemak maupun protein. Selain itu, orang  biasanya    mengkonsumsi      lebih  dari  satu  jenis  makanan     dan    bukan   hanya  karbohidrat. Sekali makan, seseorang memasukan bermacam-macam gizi maupun  non gizi ke dalam tubuh termasuk serat.

Bagi orang-orang yang sedang mengikuti pengobatan dengan insulin hendaknya  tidak  mengkonsumsi  carbohydrate  blocker  karena  akan  mengurangi  efektivitas  pengobatan  yang  sedang  dijalankan.  Carbohydrate  blocker  bertindak  seperti  senyawa antihiperglisemik. Pada orang yang sehat pemecahan karbohidrat dapat  berjalan   dengan     normal    dan   efisien  sampai     diperoleh   hasil  akhir,  yakni
monosakarida yang kemudian diserap di usus halus. Keseimbangan konsumsi sehari- hari akan menyebabkan karbohidrat yang telah dipecah ini dimanfaatkan secara  optimal sebagai sumber energi tubuh.

Namun, sebagian orang terkadang mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak dan  ini  dijadikan  sebagai  pola  makan  sehari-hari.  Pada  akhirnya  orang-orang  yang  biasa makan banyak  ini ibarat menabung kalori yang kemudian dikonversi dalam  bentuk perlemakan tubuh dan muncullah masalah kegemukan.

Di zaman modern ini, selera makan semakin dimanjakan. Tanpa pemahaman yang  baik   tentang   pola   makan   seimbang,   maka   makanan   akan   menjadi   pemicu  kegemukan dan mendorong munculnya berbagai penyakit.

Di   negara-negara   yang   sudah   makmur,   pola   makan   tak  seimbang   dicirikan  terutama  oleh  kontribusi  lemak  dan  gula  yang  tinggi.  Lemak  umumnya  diperoleh  dari pangan hewani dan produk turunannya yang secara relatif dianggap murah  bagi mereka yang hidup berkecukupan. Pangan tinggi gula (yang sekaligus tinggi  kalori) diperoleh dan dikonsumsi dalam bentuk biskuit, cokelat, es krim, dan produk  snack lainnya.

Amerika  adalah  negara  dengan  tingkat  kesejahteraan  masyarakat  yang  sangat  baik.  Konsumsi  makanan  mereka  umumnya  telah  memenuhi  bahkan  melebihi  standar gizi. Itu sebabnya populasi orang gemuk kini merebak di Amerika.

Orang Amerika mengkonsumsi produk pangan hewani dalam jumlah besar. Mereka  bisa  minum  susu  setiap  hari,  makan  telur  314  butir  setiap  tahun  (catatan:  orang  Indonesia  hanya  makan  telur  50  butir  setahun),  dan  banyak  makan  daging.  Kita  dengan mudah menjumpai restoran steak di setiap kota di Amerika. Porsi steak di  setiap kota di Amerika. Porsi steak umumnya jauh lebih besar dibandingkan dengan  kebutuhan akan protein hewani menurut kaidah gizi.

Bagi  orang  Amerika,  kegemukan  saat  ini  sudah  menjadi  masalah  serius.  Banyak  kematian  yang  menimpa  orang  Amerika  terkait  dengan  masalah  berat  badan.  Saat    ini  50   persen     orang    dewasa       di  Amerika      tergolong     dalam     kategori  overweight/obes.

Kalau     dicermati     secara    lebih    teliti,  masyarakat     Amerika      yang    mengalami  kegemukan  saat  ini  berjumlah  dua  kali  lipat  dibandingkan  pada  tahun  1960-an.  Bahkan,  di  salah  satu negara bagian  sudah  ada upaya  untuk  menambah  ukuran  peti mati karena peti mati normal sudah tidak lagi mampu memuat jenazah orang  Amerika yang semakin gemuk.

Kita  yang  hidup  di  negara  sedang  berkembang  dan  senang  dalam  perjalanan  untuk menjadi negara yang semakin makmur hendaknya bercermin dari kesalahan  yang dibuat oleh masyarakat di negara maju dalam hal pola makan. Pemahaman  tentang  gizi  seimbang  disertai  dengan  aktivitas  fisik  yang  memadai  akan  menjadi  kunci   untuk   menjadi   bangsa   yang   sehat.   Kegemukan   bukan   hanya   masalah  estetika,   tetapi   telah   menjelma   menjadi   masalah   kesehatan   yang   serius   dan
berakibat fatal apabila tidak dihindari.
(to/kmp)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar